Liabilitas Memberikan Manfaat bagi Perusahaan

Entitas dengan utang yang tinggi tidak dapat diartikan sesuatu yang tidak baik. Jumlah liabilitas tinggi, namun memiliki kemampuan membayar pokok utang dan bunganya akan menghasilkan manfaat bagi entitas dan pemegang saham. Penggunaan liabilitas untuk mendanai entitas harus dipertimbangkan dengan baik sehingga tetap memberikan manfaat bagi entitas. Liabilitas yang terkait dengan operasi biasanya tidak ada bunga. Liabilitas operasional ini biasanya diperoleh oleh perusahaan karena penundaan pembayaran kepada pemasok, pemerintah, karyawan atau pihak lain. Entitas akan memperoleh keuntungan karena dapat menunda pembayaran dan menggunakan dana tersebut untuk investasi atau aktifitas lain. Liabilitas dengan bunga juga mampu menghasilkan manfaat untuk entitas jika bunga pinjaman lebih rendah dibandingkan imbal hasil dari investasi yang didanai dari pinjaman tersebut.

Manfaat berutang sering diistilahkan dengan kemampuan menghasilkan leverage, yaitu kemampuan meningkatkan imbal hasil tanpa harus mengeluarkan investasi. Penggunaan liabilitas dari sisi pemegang saham juga lebih disukai, karena tambahan liabilitas akan memberikan tambahan imbal hasil bagi pemegang saham tanpa tambahan investasi. Pembiayaan dengan ekuitas akan menyebabkan tambahan saham beredar. Selain mengharuskan investor menambah investasi, dan potensi yang menyebabkan saham terdilusi sehingga harga saham dan laba per lembar saham menjadi lebih kecil.

Entitas menggunakan prinsip matching dalam memutuskan penggunaan liabilitas. Prinsip matching mengharuskan entitas memadankan antara bentuk investasi dan jenis pendanaan yang digunakan. Jika entitas membutuhkan dana untuk mendanai ekspansi produksi guna memenuhi tambahan permintaan produksi maka entitas akan menggunakan liabilitas jangka pendek. Sebaliknya jika entitas akan melakukan eskpansi untuk membangun pabrik maka memilih menggunakan liabilitas jangka panjang. Konsep matching ini juga terkait dengan konsep periode pengembalian investasi (payback period). Penggunaan dana untuk pendanaan tambahan produksi diperlukan untuk jangka pendek, saat liablitas jatuh tempo entitas telah memperoleh hasil penjualan sehingga dapat mengembalikan liabilitas. Pembangunan eskpansi pabrik memerlukan jangka waktu lama. Proses pembangunan memerlukan waktu satu, dua tahun bahkan lebih. Setelah produk dihasilkan, masih perlu tambahan waktu untuk pengenalan pada pelanggan. Untuk itu entitas akan memilih pendanaan jangka panjang, sehingga saat utang jatuh tempo telah tersedia dana untuk mengembalikan utang tersebut.

Sumber : Akuntansi Keuangan Menengah (Dwi Martini)

7 thoughts on “Liabilitas Memberikan Manfaat bagi Perusahaan

Comments are closed.